MANFAAT MINYAK ZAITUN

Manfaat Minyak Zaitun

Khasiat minyak zaitun sudah popular sejak lama, oleh karena itu minyak zaitun banyak digunakan sebagai salah satu bahan untuk pengobatan herbal. Khasiat minyak zaitun juga telah dikenal sejak lama untuk perawatan kecantikan, hal ini disebabkan buah zaitun mengandung Olive Oil Extra Virgin (OOEV). Pada dasarnya buah Zaitun sendiri dapat dikonsumsi secara langsung ataupun melalui proses fragmentasi (pengawetan). Minyak yang diolah dari buah zaitun ini dapat juga digunakan sebagai obat dengan mengkonsumsinya ataupun dijadikan obat oles untuk luka bagian luar tubuh.

Khasiat minyak zaitun telah dipercaya selama ratusan tahun sebagai salah satu minyak yang dapat digunakan untuk merawat kecantikan dan menjaga kesehatan. Apakah kandungan dari minyak zaitun? Minyak zaitun terdiri dari berbagai zat atau senyawa antara lain adalah minyak virgin, vitamin E, vitamin K, asam lemak jenuh (asam miristat, asam arachidat, asam stearat, asam palmitat dan lignoserat dengan kadar kecil), asam lemak tak jenuh poli/mono, mono unsaturated fat, asam oleat, asam lemak esensial, polifenol , potasium, zat besi, kalsium dan berbagai zat maupun unsur lainya.

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memanfaatkan minyak zaitun. Seluruh anggota tubuh anda dapat memanfaatkan khasiat minyak zaitun. Sebut saja jika anda ingin merawat rambut anda, maka anda dapat mengoleskan minyak zaitun pada rambut secara rutin untuk menjaga dan meningkatkan kesuburan rambut. Khasiat minyak zaitun yang lain adalah untuk memelihara kecantikan kulit anda. Jika anda mengoleskan secara rutin minyak zaitun pada tubuh anda, maka kulit anda akan semakin berseri dan sehat.
Manfaat Minyak Zaitun untuk ibu hamil - Minyak zaitun sudah terkenal pada zaman dahulu, diantaranya adalah manfaat minyak zaitun untuk wajah, rahasia manfaat minyak zaitun bagi kecantikan, manfaat minyak zaitun untuk jerawat, manfaat minyak zaitun untuk rambut, manfaat minyak zaitun untuk kecantikan, manfaat minyak zaitun untuk kesehatan.

Pada ibu hamil sering mengeluh ketika muncul guratan guratan di sekitar perutnya atau dengan nama stretch mark. Guratan-guratan itu muncul di sekitar daerah perut, paha, dan payudara dan menimbulkan rasa gatal. Jika garukan kita tak terkendali maka akan menjadi berbekas dan akan terus terbawa seumur hidup, maka dengan menggunakan Manfaat Minyak Zaitun untuk ibu hamil dapat diatasi.

Pertama kali muncul stretch mark berwarna ungu kemudian seiring berjalannya waktu akan memudar. Minyak zaitun dapat mencegah timbulnya stretch mark pada ibu hamil. Sejak zaman dahulu minyak zaitun sudah terkenal Manfaat Minyak Zaitun untuk kecantikan. Kandungan minyak zaitun yang warnanya yang bening dan berkilau kaya dengan vitamin A, B1, B2, C, D, E, K, dan zat besi.

Manfaat Minyak Zaitun untuk ibu hamil
 Oleskan pada perut dan bagian tubuh yang rentan mengalami peregangan saat hamil, Intinya untuk mencegah timbulnya stretch mark. Karena dengan mengoleskan pada bagian tubuh yang rentan timbul peregangan akan memberikan kelembaban kulit, melembutkan kulit. Dengan begitu jika ada peregangan akan berjalan normal dan tidak akan menimbulkan guratan/stretch mark.

Oleh karena itu, beberapa dokter menyarankan minyak zaitun dan krim pelembab lainnya untuk wanita hamil untuk mencegat terjadinya stretch mark, dan itulah salah satu contoh manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil
Minyak Zaitun: Sejarah, Jenis dan Kegunaan.
Posted on 28/08/10 | Artikel

Minyak zaitun berasal dari  buah zaitun yang pohonnya pertama kali ditemukan di daerah Crete, Yunani sekitar 5000 atau  7000 tahun yang lalu.  Sejak zaman tersebut, pohon zaitun  merupakan sumber pangan, minyak, kayu ,obat obatan dan dijadikan symbol kebijakan dan perdamaian.  Pohon zaitun dianggap sebagai  pohon suci, siapapun yang berani untuk menebang akan dihukum atau diasingkan.  Dari daerah Crete, pohon zaitun menyebar ke daerah Amerika, Syria, Palestina dan Israel, namun pusat penanaman pohon zaitun tetap berada di negara negara Medditerania seperti Spanyol, Portugis, Turki, Itali dan Yunani.

Minyak zaitun merupakan satu satunya minyak dari tumbuh tumbuhan yang dapat langsung dikonsumsi setelah diperas dari buahnya.  Umumnya minyak zaitun didapat dengan cara memeras buah zaitun, tanpa melibatkan panas atau bahan kimia.  Berdasarkan tahapan produksinya, minyak zaitun  dibagi menjadi:
Extra virgin oil merupakan minyak yang berasal dari perasan pertama buah zaitun. Extra virgin olive oil dianggap sebagai minyak zaitun dengan kualitas terbaik karena tahapan proses produksinya sedikit sehingga kandungan antoksidannnya (fenol dan Vit E) tinggi. Karena kemurniannya, umumnya minya zaitun jenis ini lebih mahal, namun mngkin tidak begitu berarti dibanding manfaat kesehatan yang diberikan.
 Virgin oil merupakan minyak zaitun yang berasal dari perasan kedua.
Pure merupakan minyak zaitun yang mengalami beberapa proses seperti penyaringan dan pemurnian.
Extra light merupakan minyak zaitun yang mengalami beberapa proses sehingga kadar minyak zaitunnya sudah banyak yang hilang.

Kandungan minyak  yang tinggi dalam buah zaitun tercermin dari namanya, Olea europea, olea sendiri dalam bahasa latin berarti minyak. Kunci dari khasiat minyak zaitun terletak pada kandungan lemak tak jenuh tunggal,  antioksidan, klorofil, karoten dan senyawa  polyfenolik seperti tyrosol, hydrotyrosol dan oleuropein. Kandungan antioksidan dalam  minyak zaitun tidak hanya berfungsi sebagai penangkap radikal bebas, namun juga berfungsi sebagai pelindung Vitamin E dalam minyak zaitun

Kandungan lemak tak jenuh tunggal pada minyak zaitu merupakan yang tertinggi dibandingkan minyak minyak alami jenis lain, terutama kandungan asam oleatnya. Berkat kandungan lemak tak jenuh tunggalnya dan antioksidannya, minyak zaitun mampu:

1.Melindungi tubuh dari penyakit jantung  dengan cara mengendalikan  lemak jahat (LDL) dan meningkatkan lemak yang baik (HDL) dan darah tinggi.  Karena khasiatnya dalam mencegah penyakit jantung, muali November  tahun 2004, United States Food and Drug Administration mengijinkan label pada produk minyak zaitun untuk mencantumkan  manfaat konsumsi 2 sendok makan  minyak zaitun setiap hari untuk melindungi tubuh dari penyakit jantung

2. Mencegah kanker usus dan payudara.

3. Melindungi penyakit penyakit yang berkaitan dengan penuaan seperti  atherosclerosis, diabetes, asma dan arthritis

4.Memperpanjang usia

5. Menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan insulin pada penderita diabetes tipe 2.

6. Mencegah  osteoporosis.

7. Mencegah petumbuhan H.pylori, bakteri yang diduga terkait dengan maag dan kanker lambung. Helicobater pylori menunjukkan perkembangan resistensi terhadap antibiotik sehingga saat ini para peneliti mengarah pada komponen kaya akan  polifenol untuk menghambat pertumbuhan bakteri H.pylori.

Konsumsi minyak zaitun, dalam bentuk cair maupun yang sudah dikemas dalam bentuk kapsul tidak menimbulkan efek negatif bagi  lambung. Lambung sendiri  justru terbantu dengan minyak zaitun karena melindungi lambung dari maag dan gastritis. Minyak zaitun memicu produksi cairan empedu dan hormon yang dihasilkan  pankreas sehingga menurunkan kemungkinan terjadinya batu empedu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar