KETIKA KESULITAN DATANG 2



Disamping itu, serangkaian penanganan terus dilakukan oleh pihak keluarga dan dokter THT. Karena pendengaran anak sudah tidak bsia ditangani dengan obat maka diambil keputusan kalau anak ini harus dioperasi untuk menaikan derajat pendengarannya dengan memasang alat pada telinga anak ini.
Hal pertama yang kembali harus diusahakan adalah biaya operasi untuk anak ini dan pembelian alat yang harus dipasang pada telinga anak ini. Permasalahan ini sulit teratasi dan orang tua pasrah dengan keadaan yang terjadi pada anak ini dan orang tua mengatakan kalau tidak sanggup untuk mengoperasi anaknya itu.
Kesulitan itu dibicarakan dengan dokter THT yang kebetulan juga membantu praktek di klinik kami. Dokter THT kami yang sangat sederhana dan memiliki hati yang baik itu, menceritakan kejadian yang dialami oleh anak ini pada saya disela-sela praktek di klinik kami. Lalu saya katakan, “operasi saja demi kebaikan anak ini”. Dokter kami menjawab,” duit dari mana brud ???, karena orang tua anak ini gak bisa membiayainya.” Saya jawab, “Udalah pak dokter nanti biaya biar Tuhan yang memikirkan, sampeyan bikin jadwal operasinya saja dan orang tua anak itu suruh ke klinik ketemu saya.”
Berapa hari kemudian orang tua anak itu datang ke klinik dan menemui saya,
Saya katakan pada orang tua anak itu, “Bapak punya uang berapa dan kami akan mencukupi kekurangannya.” Bapak anak itu bilang, “Untuk beli alat bantu dengar dan pemeriksaan selama ini telah menghabiskan banyak biaya dan saya sudah tidak bisa mengoperasikan anak saya”. Jawab saya, “Bapak usaha dulu semampunya nanti kekurangnya saya bantu.”

Ternyata lama tidak ada kabar dan anak ini hanya terus berobat jalan sedangkan tidak ada kemajuan dan kalau tidak segera dioperasi anak ini harus segera dikeluarkan dari kampus, dan bapak anak itu tetap tidak sanggup untuk mengoperasikan anak ini. Akhirnya dokter membuat jadwal operasi dan hal ini tidak bisa ditunda lagi karena kerusakan bisa tambah parah dan akan berbahaya kalau terjadi kerusakan permanen, serta pihak kampus telah memberi surat keterangan kalau anak akan dikeluarkan kalau tidak segera ditangani masalah gangguan pendengaran pada anak ini.NEXT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar